Blog

5 Atlet Indonesia Yang Berhasil Mendunia

Jumlah penduduk yang besar dan bonus demografi merupakan keuntungan bagi Indonesia. Dengan demikian, banyak anak muda atau usia produktif yang berkembang. Tidak ada lapangan olahraga. Bahkan ada banyak Atlet indonesia yang berhasil mendunia.

Para atlet ini siap mengemban tugas berat mewakili Garuda di setiap ajang internasional. Negara kita juga dijuluki macan Asia oleh dunia dengan banyaknya prestasi anak muda Indonesia yang mendunia dalam bidang olahraga. Siapa saja pemuda Indonesia yang berprestasi di bidang olahraga? Berikut adalah 5 atlit Indonesia yang berhasil Mendunia.

Siapa Saja atlet Indonesia yang Berhasil Mendunia?

1. Aries Susanti Rahayu

Nama perempuan berhijab ini sudah banyak dinyanyikan sejak 2018. Aries mulai terkenal sejak mengalahkan Elena Timofeeva di ajang panjat tebing dunia IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China. Tak lama berselang, ia pun berhasil mencuri medali emas di Asian Games 2018.

READ  Gerakan Khusus Pada Bola Basket

Wanita kelahiran Grobogan, Jawa Tengah ini tahun lalu berhasil meraih medali emas dalam kompetisi IFSC World Cup Xiamen 2019. 

Baca juga: Atlet Indonesia yang meraih gelar juara dunia.

2. Kemudian Muhammad Zohri

Namanya cukup fenomenal di Indonesia. Zohri, pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sebagai pelari berprestasi. Ia pernah mengikuti berbagai kompetisi kelas dunia, misalnya Kejuaraan Dunia U20 IIAF tahun 2018.

Zohri juga berhasil lolos ke posisi ketiga pada Mei tahun lalu di Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, kualifikasi Olimpiade Tokyo yang rencananya akan digelar tahun ini.

Ia merupakan pelari muda 100 meter yang berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada World Junior Athletics 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Ia berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik, dan mengalahkan dua pelari Amerika, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

READ  Manfaat Yoga Yang Bisa Anda Dapatkan

3. Aero Sutan Aswar

Pemuda kelahiran Jakarta, 4 Desember 1994 ini merupakan atlet jetski internasional. Ia meraih gelar juara dunia kelas Pro Runabout Stock pada kompetisi jetski internasional World Finals yang diadakan pada 12 Oktober 2014 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Di Asian Games 2018, salah satu prestasi yang membanggakan Aero adalah gelar juara dunia yang diraih dua kali, pada 2014 dan 2019.

4. Kevin Sanjaya

Lahir di Banyuwangi, 2 Agustus 1995, Kevin kemudian menjadi pemain dari klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah dan bergabung sejak 2007. Bersama sesama pemain tim putra lainnya berhasil menyumbangkan medali emas di SEA Games 2015. Kevin sanjaya saat ini berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon.

Pada tahun 2017, Kevin dan Gideon menerima penghargaan dari BWF sebagai pemain bulutangkis terbaik di dunia. Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan serangannya yang cepat, agresif, full attack, dan memiliki serangan yang sangat sadis terhadap lawannya.

READ  Aturan Dasar Olahraga Anggar

5. Anto Ingdrianto

Namanya tidak seperti 4 nama di atas yang sangat terkenal. Namun, pria berusia 25 tahun ini cukup sering mengharumkan nama bangsa, khususnya di cabang BMX freestyler. Anto pernah tercatat sebagai 9th Asian IOXC pada tahun 2015 dan naik lagi ke posisi 6 pada tahun 2018.

Pada tahun 2018, ia memenangkan tempat 1 di Best Trick Box Open Pro di Malaysia. Tak hanya itu, pria asal Kuningan, Jawa Barat ini juga menempati posisi di Asia IOXC, BMX terbesar di benua Asia.

Nah itulah nama – nama 5 atlet Indonesia yang berhasil Mendunia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.