Blog

Jenis-Jenis Olahraga Untuk Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian secara global, termasuk di Indonesia. Untuk mencegah dan menjaga kesehatan jantung, ada berbagai jenis olahraga untuk jantung yang bisa Anda lakukan, mulai dari yang sederhana hingga yang menggunakan alat khusus.

Penasaran apa saja senam jantung yang bisa Anda lakukan dan bermanfaat bagi tubuh Anda? Simak ulasan berikut.

Jenis-jenis olahraga untuk jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh yang memiliki dampak besar pada kehidupan kita. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan berolahraga. 

Baca juga: cara menurunkan berat badan dengan bersepeda.

  1. Berjalan

Jalan kaki merupakan olahraga berintensitas rendah namun berdampak besar pada kesehatan jantung. Saat kita berjalan, detak jantung kita meningkat, tekanan darah kita menurun, dan otot jantung kita menjadi lebih kuat. Akibatnya, aliran darah dalam tubuh akan lancar.

Sebuah penelitian membuktikan, berjalan kaki selama 30 menit per hari, sebanyak lima hari dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 19%.

  1. Angkat beban
READ  Penasaran Apa Saja Olahraga Peninggi Badan? Inilah Informasinya

Siapa sangka, salah satu olahraga terbaik untuk kesehatan jantung adalah angkat beban. Selain efektif untuk membentuk dan memperbesar otot tubuh, angkat beban di gym atau dengan dumbbell di rumah dapat menyehatkan otot jantung.

Dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, ditemukan bahwa partisipan wanita yang rutin berolahraga dengan beban memiliki risiko penyakit 17 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukan angkat besi.

  1. Berenang

Apakah kamu suka berenang? Berenang juga merupakan latihan kardio yang baik untuk jantung dan paru-paru. Faktanya, orang yang rajin berenang dikatakan berumur panjang, dibandingkan dengan mereka yang jarang berenang. sebuah pelajaran.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga rekreasi adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit jantung, namun tentunya harus terlebih dahulu meminta izin kepada dokter.

  1. Yoga
READ  Fakta Di Balik Neymar Cedera: Tidak Lagi Bisa Main Selama 9 Bulan

Yoga disini sudah tergolong dalam daftar olahraga untuk jantung yang lebih sehat dan kuat. Yoga merupakan olahraga yang dapat meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh sehingga dapat mendukung jenis olahraga jantung lainnya, seperti aerobik atau latihan ketahanan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa partisipan berusia 40 tahun ke atas yang sering melakukan yoga selama lima tahun, mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung, sehingga jantung menjadi sehat.

 

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang paling umum untuk jantung. Selain bisa menambah banyak teman, bersepeda juga sangat baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian telah membuktikan manfaat bersepeda dalam risiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

  1. Lari

Sebuah penelitian membuktikan, berlari selama 5-10 menit setiap hari sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko kematian akibat stroke dan serangan jantung, mengurangi risiko penyakit, dan mengurangi risiko kanker.

READ  Macam-Macam Latihan Kelincahan

Lari sangat baik untuk jantung. Lari merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat mendeteksi peredaran darah sehingga detak jantung akibat tekanan darah dapat menurun. Idealnya, latihan kardio dilakukan minimal 30 menit per hari selama 5 hari seminggu atau 150 menit per minggu. Untuk aerobik berintensitas tinggi seperti latihan interval berintensitas tinggi atau HIIT, lakukan selama total 75 menit per minggu.

  1. Menari

Jangan pernah meremehkan jenis kegiatan ini. Ya, menari atau menari dengan gerakan kompleks dalam tempo cepat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Padahal, menari termasuk dalam kategori olahraga yang baik untuk jantung.

  1. Mendaki

Mendaki merupakan salah satu jenis olahraga untuk jantung yang sering dilupakan. Padahal, mendaki bisa meningkatkan detak jantung dan menambah kalori dalam tubuh. Plus, diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Simak Juga: Daftar Situs Judi Online