Blog

Mengenal Tentang Pound Fit Serta Manfaatnya

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dipilih, mulai dari kardio, latihan kekuatan, hingga meditasi dan yoga. Tak hanya itu, jenis musik pengiring olahraga juga kerap menjadi pertimbangan. Nah, selain aerobik, seperti Zumba, ada jenis olahraga lain yang disebut pound fit. Pada pembahasan kali ini adalah mengenal tentang pound fit.

Pound fit sering dipilih bagi mereka yang menginginkan jenis olahraga yang lebih energik dan menyenangkan. Jadi, apa sebenarnya pound fit itu? Apa saja manfaat yang bisa didapat? Baca selengkapnya di artikel berikut.

Baca juga: jenis-jenis tes kebugaran jasmani.

Apa itu Pound Fit?

Pound fit adalah jenis latihan kardio yang menggunakan alat seperti stik drum untuk menciptakan ritme untuk mengiringi latihan Anda. Rentang gerakan dalam pound fit menggabungkan gerakan pilates dan yoga, kardio, latihan kekuatan, dan drum. Irama yang diciptakan oleh ketukan drum ini juga mengiringi musik yang Anda gunakan.

Untuk olahraga yang satu ini pertama kali dipopulerkan pada tahun 2011 oleh dua orang bernama Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom. Keduanya memiliki hobi bermain drum sekaligus menjadi atlet semasa kuliah.

READ  Profile Gelandang Sepak Bola Muda Yang Menjanjikan Pada Tiap Kompeisi

Tujuan dari latihan pound fit adalah untuk melatih otot-otot seluruh tubuh, mulai dari melatih otot perut, paha, hingga bokong. Untuk itu, gerakan yang akan Anda lakukan sebagian besar akan berputar dengan gerakan melingkar di area perut.

Manfaat olahraga pound fit

Aktivitas fisik secara teratur, setidaknya 30 menit sehari, dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Begitu juga dengan olahraga pound fit. Pound fit memadukan berbagai gerakan olahraga, seperti yoga, pilates, dan cardio. Jika dilakukan secara konsisten, manfaat yang Anda dapatkan akan lebih berdampak pada kesehatan.

  1. Membakar lemak dan menurunkan berat badan

Sama seperti jenis olahraga lainnya, pound fit juga bisa membakar lemak di tubuh. Biasanya, latihan ini dilakukan selama 45 menit untuk satu sesi. Saat melakukan pound fit, akan ada lintasan khusus dengan gerakan membakar lemak. 2-4 menit, intensitas gerakannya bisa cukup tinggi, tetapi tidak terlalu lama sehingga tidak langsung membuat Anda kewalahan.

READ  Manfaat Dari Lari Ditempat

 

  1. Menghilangkan stres

Keunikan olahraga pound fit dibandingkan dengan yang lain adalah penggunaan Ripstix dan gerakan memukul drum. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat memukul drum dengan kesehatan otak, terutama untuk menghilangkan stres.

Sebuah studi dalam jurnal Psychology of Well-being mengatakan memukul drum dapat meningkatkan kreativitas yang dapat membantu memulihkan kesehatan mental.

  1. Meningkatkan daya pikir

Terkait dengan penggunaan stik drum dalam olahraga pound fit. Menggunakan Ripstix saat Anda fit juga berguna untuk fokus pada latihan. Gerakan gendang yang perlu diikuti benar-benar meningkatkan keseimbangan ritme yang teratur. Selain itu, ritme yang dihasilkan dengan menabuh stik drum juga dapat memicu otak untuk tetap fokus, meningkatkan daya pikir, dan kemampuan mengambil keputusan.

Keuntungan lain, menggunakan tongkat ini sebenarnya bisa mengalihkan perhatian Anda dari perasaan gerakan yang “belum selesai”. Karena, alih-alih menghitung jumlah pengulangan yang dilakukan, Anda fokus mendengarkan ritme yang dihasilkan dengan menabuh drum.

  1. Menguatkan otot tubuh
READ  Jenis Olahraga Air yang Wajib Dicoba, Seru dan Menyehatkan

Olahraga ini merupakan olahraga yang melibatkan seluruh bagian dan otot tubuh. Untuk itu, manfaat pound fit yang bisa Anda lakukan juga bisa memperkuat seluruh otot tubuh, terutama otot paha dan perut.

Selain itu, penggunaan Ripstix pada satu pon fit juga membantu gerakan meningkatkan beban masing-masing 100 gram. Ini membantu Anda memperkuat otot inti Anda sehingga membantu tubuh Anda menjadi lebih seimbang.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena pound fit menggabungkan gerakan kardio, Anda juga bisa mendapatkan beberapa cardio saat melakukan pound fit, salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan.

Melakukan latihan kardio seperti pound fit dalam intensitas sedang dapat meningkatkan antibodi tertentu dalam tubuh yang disebut imunoglobulin. Antibodi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu dia pembahasan mengenal tentang pound fit kali ini. Semoga pembahasan diatas bermanfaat, terimakasih.

Simak Juga: Daftar Situs Judi Online